Sabtu, 04 Mei 2013

OBAT KADALUARSA?? Langsung buang aja ataaau ?? (Check this out, guys;D)


Bismillaahirrahmaanirrahiim...
Assalaamu’alaikum!
Okay dear friends, kali ini saya mau sekedar berbagi tentang salah satu materi yang saya dapatkan dari kuliah Farmasi Lingkungan.
Ehm, sebenarnya jujur saya suka ‘gak fokus’ kalau lagi kuliah ini. Dengan kata lain, bisa ngantuk, atau mengerjakan hal lainnya. (Jangan dicontoh yaa J). Ups, tapi ketika pak dosen yang super menyampaikan materi ini, otomatis kepala saya langsung lurus ke depan layar slide (karena layar slide gak pas di depan saya) dan memerhatikan uraian si bapak. Plus-plus nyatet di lembar spesial ‘buku catatan kemana saja’ punya saya hehe.
Materinya apa sih?
Ya, materinya adalah tentaaaang, how to trash your drugs properly?
Naah, Asik aja, atau asik banget tuuh? :D Yuk disimak, supaya kita bisa menjadi warga yang cinta lingkungan dan cinta sesama. Kenapa cinta sesama? Ya, karena dengan langkah2 ini, insya Allah berarti kita sudah menyelamatkan satu nyawa saudara kita dari obat ‘boongan’ yang beredar di masyarakat. Just check it out, guys!:D
Badan Pengawasan Obat Amerika Seirkat (FDA)
Panduan Pembuangan Obat
1.       Ikuti petumjuk di label! If there is no instruction, don’t be panic! We could do: “Buang di tempat sampah”, tapi sebelum itu:
·         Keluarkan obat dari kemasan dan campur dengan baha lain yang akan dibuang seperti tanah/campuran serabut untuk menampung kotoran hewan. Tindakan ini dilakukan supaya ‘TKP’ si obat berada menjadi tidak menarik perhatian.
·         Letakkan dalam kantung yang rekat, kaleng kosong atau kemasan/wadah unyuk mencegah obat bocor.
2.       Suggestion from Ilisa Bernsiein, PharmD., J.D. (Direktur Obat FDA)
·         Sebelum membuang obat, HILANGKAN INFORMASI SEPUTAR OBAT hingga tak terbaca.
·         Don’t give your drugs to your friends (mentang2 kita udah sembuh dan udah gak pake lagi, misalkan). Remember that doctor give medicine based on your medical records, genetic factors, polymorphism, and others. Dua langkah di atas ini, dilakukan untuk menjaga identitas dan privasi tentang kpndisi kesehatan kita.
·         Ragu? Immediately, ask your pharmacist!
Sip, insya Allah mantep ya gak? :D Yuk, yuk, mangga2 kita praktekkan bersama-sama mulai dari sekarang! So, kalau di rumah, sekolah, kampus, atau di jalan menemukan sampah-sampah obat, maka WASPADALAH, WASPADALAH! Ingatlah berapa banyak korban yang akan jatuh akibat mengonsumsi obat yang–belum tentu–halal dan baik itu. Kalau bukan kita yang melakukan, who else??
Keep smart and keep ukhuwah!
*Race Jannah with your passiON!*
Aliya Nur Zahira
Bandung, 2 Mei 2013 22:11 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar