Rabu, 30 November 2011

My Notes On Introduction of Information and Technology: Learning Objectives of Tomorrow's Technology and You (1)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Tomorrow’s Technology and You.

            Apa itu? Ya, itu adalah salah satu buku yang mengupas tentang pengenalan ilmu teknologi dan informasi karangan Prentice-Hall. Buku ini popular digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa di berbagai universitas di dunia. Salah satunya mahasiswa kelas PTI-C (Pengenalan Informasi dan Teknologi-C; C di sini merupakan tingkat kesulitan materi) di ITB. Dalam blog-blog kategori “My Notes on Introduction of Information and Technology” ini, saya akan men-share isi dari buku ini dengan menjawab Learning Objectives dari setiap bab. J Check it out, hope it will be useful for those who is learning this kind of topic. J

Chapter 1. Our Digital Planet
·         Describe several ways computers play a critical role in modern life.
Komputer dan aplikasi-aplikasinya sudah terlibat dalam segala aspek kehidupan kita. Mereka menawarkan berbagai bantuan (dari mulai yang umum sampai spesifik) untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam hidup. In other word, we can say computer is a versatile tool for us. Selain itu, computer juga memungkinkan terjadinya komunikasi dan terbentuknya komunitas-komunitas di dunia digital. Ini dapat membantu kita mempererat persaudaraan kita. Contohnya adalah flickr, myspace.

·         Discuss the circumstances and ideas that led to the development of the modern computer.
1.      1939: Konrad Zuse menyelesaikangeneral-purpose digital computer yang pertama.
2.      Perkembangan dunia militer. Pada waktu yang sama, pemerintah Inggris mencanangkan tim yang terdiri dari matematikawan-matematikawan dan insinyur-insinyur yang hebat untuk meng-crack kode-kode militer Nazi. Pada tahun 1943, tim yang dipimpin oleh matematikawan Alan Turing dan kawan-kawannya bisa menyelesaikan Colossus yang dianggap sebagai computer elektronik digital pertama.
3.      Perkembangan dunia bisnis. 1944: IBM memberikan bantuan sebesar 1 juta dollar kepada Prof. Howard Aiken yang kemudian berhasil membuat computer the Mark I.
4.      Perkembangan Perang Dunia II. John Mauchly dan J. Presper Eckert membantu usaha U.S.dalam PDII dengan membuat mesin untuk menghitung tabel trajektori untuk senjata baru. Komputer yang dihasilkan bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).
5.      (Kembali ke dunia bisnis) Setelah perang, Mauchly dan Eckert melanjutkan ‘petualangannya’ dengan membuat perusahaan swasta yang bernama Sperry dan membuat UNIVAC I, computer general-purpose komersil yang pertama.

·         Describe several trends in the evolution of modern computers.
Seiring dengan berkembangnya zaman, berkembang pula kebutuhan dan keperluan manusia di dunia. Dari yang awalnya computer diciptakan dengan ukuran yang sangat besar, semakin lama semakin kecil dikarenakan manusia yang menginginkan perangkat yang lebih simpel dan mudah dibawa ke mana-mana. Ini juga bisa dilihat dari perkembangan IC dan transistor yang bermula dari sebuah vacuum tubes kemudian menjadi IC dan transistor yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu kebutuhan manusia yang beragam, mulai dari computer sebagai keperluan pribadi (personal), computer yang portable (PDA), sampai computer-komputer dengan memori dan kekuatan yang sangat besar (digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang besar).
           
·         Explain the relationship between hardware and software
Hardware adalah bagian fisik dari computer. Sedangkan software adalah instruksi-instruksi yang memberitahu hardware bagaimana mengubah data input menjadi output yang dibutuhkan.
·         Outline the five major types of computers in use today and describe their principal uses.
Peranan computer dalam kehidupan modern sekarang ini juga dapat ditunjukkan dari munculnya berbagai bentuk computer sesuai kebutuhan. Seperti yang tertulis di bawah ini:
a. Embedded Comp.
- Dibuat untuk special purpose: mengetahui suhu, kelembaban, denyut jantung, kemanan rumah.
- Programnya sudah ter’patri’ dalam sebuah silikon sehingga tidak bisa diubah. Ini disebut firmware.
b. Desktop Comp.
c. Personal Comp.: Word Processing, accounting, gaming, digital music
d. Workstation: High-end desktop computer dengan daya yang sangat besar. Digunakan untuk pekerjaan yang besar, seperti membuat film, etc.
e. Portable Comp.: mesin (computer) yang tidak terikat pada desktop. Contoh: notebooks (laptops) dan handheld computers (PDAs)
f. Server: Komputer yang didesain agar computer lain bisa menggunakan software-software dan sumber-sumber lainnya dari computer yang lainnya dalam satu jaringan.
g. Mainframes and supercomputer:
            -Digunakan oleh pengguna yang sangat besar seperti bank, airlines.
            -Komunikasi lewat terminal
            -Multiple communication dalam satu waktu dengan timesharing
            -Sampai saat ini, merupakan computer tercepat dan terkuat.

·         Describe how the explosive growth of the Internet is changing the way people use computers and information technology.
Semenjak adanya internet tahun 1960 (awalnya hanya berkembang di Amerika), antara device atau computer yang satu dengan yang lainnya bisa saling terhubung, hal ini memudahkan manusia dalam berkomunikasi atau melakukan hubungan lain dengan manusia, seperti bisnis, kerjasama, dan lain-lain. Internet juga menjadi salah satu faktor orang membeli dan menilai apakah suatu computer itu bagus atau tidak. Komputer bisa dikatakan bagus apabila ia bisa digunakan untuk ber-internet-an. Dengan adanya fasilitas internet di sana, nilai computer tersebut pun menjadi lebih tinggi
Kini dapat kita lihat juga bahwa orang-orang sudah mulai melakukan berbagai hal melalui internet, termasuk web application yang mulai menggeser aplikasi-aplikasi offline.

·         Explain how today’s information age differs from other times in history and prehistory.
Di era informasi ini manusia bekerja menggunakan data (kata-kata, angka, dan ide-ide). Berbeda dengan agricultural age ataupun industrial age. Dulu kita masih fokus bekerja dengan pertanian, sawah, cangkul, dan bahkan menjadi mata pencaharian utama. Atau bekerja dengan mesin-mesin dan alat-alat industri lainnya–itu juga menjadi pekerjaan utama–. Walaupun pada dua era tersebut juga ada penyebaran informasi, tetapi cara dan perkembangannya berbeda dengan era sekarang. Dulu, saat prasejarah, komunikasi dilakukan seadanya, menggunakan gambar-gambar di gua dan benda-benda alam lainnya. Komunikasi menjadi tidak begitu baik dan efektif terhadap satu sama lain, lingkupnya juga terbatas. Zaman selanjutnya (setelah prasejarah), informasi mulai berkembang. Manusia sudah mengenal tulisan, dan sebagainya. Tetapi belum ada kecepatan penerimaan informasi seperti sekarang ini. Lingkupnya pun masih terbatas. Contohnya, keberhasilan Colombus menemukan Amerika yang baru diketahui enam bulan kemudian. Sekarang? Ya, teknologi-teknologi informasi sudah berkembang dengan sangat cepat. Alat-alat canggih diciptakan sehingga jarak tidak lagi menjadi hambatan. Siapapun, dimanapun, bisa mengakses dan mendapat informasi dengan mudah dan cepat. Hal ini juga yang menyebabkan manusia di era ini bekerja dengan data/informasi (seperti yang sudah disebutkan di atas).

·         Discuss the social and ethical impact of information technology on our society.
Perkembangan IT juga tentu berdampak pada kehidupan social kita. Komputer tanpa kita sadari, telah merubah cara pandang dan hidup kita. Perkembangan computer juga bisa mengganggu privasi, keamanan dan hidup kita. Cyber crime bisa terjadi kapanpun. Semakin banyaknya penggunaan computer, bisa juga mengakibatkan dehumanization dalam dunia kerja. Komputer juga bisa dijadikan alat kejahatan dalam dunia politik dan ekonomi. Kemudian, selalu bekerja dengan memanfaatkan teknologi computer bisa mengakibatkan ketergantungan terhadap computer itu sendiri.  Tentunya, semua dampak-dampak ini harus kita antisipasi dengan penggunaan computer yang efektif dan sesuai tujuan. Gunakanlah teknologi computer yang ada secara dewasa.

Chapter 2. Hardware Basics: Inside the Box
·         Explain in general terms how computers store and manipulate information.
1.                  Informasi disimpan dalam:
Ø  Primary Storage: RAM (Random Access Memory)
Ø  Secondary storage: penyimpanan dalam jangka panjang (tidak hanya sementara). Contoh: Harddisk drives, Recordable CD and DVD drives, Tape drives.
2.                  Manipulasi dilakukan dengan merubah informasi yang diterima ke dalam bentuk bit.
Ø  Hanya mempunyai dua nilai yaitu 0 dan 1
Ø  Bisa mewakili angka (biner menyatakan semua angka dengan kombinasi dari dua digit), code (menggunakan ASCII (American Standard Code for Information Interchange) atau Unicode (menyediakan 65.000 karakter unik), atau pun instruksi/program (dinyatakan dengan notasi biner melalui penggunaan kode-kode)).
Ø  1 byte = 8 bits.

·         Describe the basic structure and organization of a computer.
1.            Basic Component:
-Input device (keyboard, mouse)
-Output device (printer, speaker)
-CPU (Central Processing Unit)
-Memory and storage devices.
2.            Memori
- RAM (random access memory)
- ROM (read-only memory)
- CMOS (complementary metal oxide
semiconductor)
-       Flash memory
3.            Buses, Ports, and Peripherals
Buses
Ø  Umumnya mempunyai 32 atau 64 kabel.
Ø  Menghubungkan computer dengan storage device
Ø   Menghubungkan computer dengan expansion slots
Ø   Menghubungan computer dengan external buses and ports.
Slots and ports: Memudahkan untuk menambah device eksternal, disbeut juga peripherals.

·         Discuss the functions and interactions of a computer system’s principal internal components.
Ø  CPU: menginterpretasikan dan mengeksekusi instruksi-instruksi dalam sebuah program, mengawasi manipulasi data secara aritmetis dan logikal.
-       Semua software belum tentu bisa digunakan dalam setiap CPU.
-       Menghubungkan semua bagian lain di computer sistem secara tidak langsung melalui memori
Ø  RAM: digunakan untuk menyimpan data dan instruksi program sementara. Jika computer mati, maka data hilang.
Ø  ROM (seperti yang sudah dijelaskan pada objectives sebelumnya)
Ø  CMOS: Semacam RAM yang menggunakan low-energy.
Ø  Flash memory; digunakan untuk telepon, pager, computer portable, handheld, dan PDAs.

·         Explain why a computer typically has different types of memory and storage devices.
Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dari storage devicenya sendiri, ada RAM yang digunakan untuk penyimpanan data sementara saja, namun ada juga ROM yang digunakan untuk menyimpan data jangkan panjang. Karena ROM juga merupakan informasi yang tidak bisa diubah, ROM sendiri digunakan sebagai bahan referensi bagi CPU untuk menjalankan sebuah instruksi program. Sedangkan, untuk media penyimpanan-penyimpanan lainnya juga disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk segala macam external drives seperti CD, DVD (yang memiliki berbagai kapasitas), flashdisk, dll.  

Chapter 3= Hardware Basics: Peripherals
List several examples of input devices and explain how they can make it easier to get different types of information into the computer.
Ø  Keyboard: memudahkan computer untuk mendapatkan informasi berupa huruf, angka, dan special characters.
Ø  Pointing devices: informasi berupa instruksi. Contoh: Mouse, touchpad, pointing stick, trackball, joystick, touch screen.
Ø  Reading tools: Membaca tanda-tanda yang mewakili kode yang telah didesain khusus untuk masuk ke computer. Contoh: optical mark readers, magnetic-ink readers, barcode readers, smart whiteboard, RFID (Radio Frequency Identification Readers).
Ø  Scanners: informasi yang diberikan berupa printed images.
Ø  Digital camera: informasi yang diberikan berupa digital images.
Ø  Video digitizer: informasi yang diberikan berupa video, dari video camera atau video cassette recorder.
Ø  Audio digitizers: yang diberikan berupa informasi suara (sound).
Ø  Speech Recognition Software: Informasi yang diberikan adalah suara (voice). Suara yang ditangkap ini kemudian dapat diubah menjadi kata-kata, dapat diedit dan diprint.
Ø  Sensor: didesain untuk monitor kondisi-kondisi fisis seperti suhu, kelembaban, tekanan. Digunakan biasanya untuk keperluan robot, forecasting, medical monitoring, biofeedback, scientific research.

List several examples of output devices and the explain how they make computers more useful.
Ø  Screen Output: computer bisa menampilkan secara visual baik itu tulisan, gambar atau video kepada pengguna. Kita juga bisa melihat hasil pekerjaan computer. Contoh: Monitor (CRT dan LCD)
Ø  Paper Output (Printer): menghasilkan keluaran kertas atau hardcopy dari pekerjaan kita (ketikan word, slide presentasi, foto, gambar, dsb).
Ø  Fax Machines and Fax Modems:
-       Fax machines: men-scan tiap halaman dari sebuah printed document/hardcopy sebagai image, kemudian image tsb dikonversikan menjadi sinyal-sinyal elektronik. Sinyal-sinyal tsb dikirim melalui phone lines ke fax yang lainnya.
-       Fax modems: Menghubungkan PC ke fax machine dengan modem dan phone line.
Ø  Output you can hear:
-       Sound Card: computer bisa menerima input dari microphone, bisa memperdengarkan musik lewat speaker atau headphone, memroses suara dengan berbagai cara.
-       Synthesizers: digunakan untuk menghasilkan musik, dan noise.
Ø  Controlling Other Machine:
Output Device memberikan peran tertentu pada alat-alat di bawah ini dan merubah mereka menjadi sebuah non-digital movements. Contoh: Robot arms, transportation devices, Spacecraft.

·         Explain why a typical computer has different types of storage devices.
Perbedaan penggunaan storage devices sebenarnya tergantung kebutuhan kita masing-masing. Contoh, jika kita ingin menyimpan film yang berukuran besar, kita bsa menggunakan DVD daripada CD. Jika kita ingin menyimpan data dalam CD yang bisa diedit dan diubah-ubah lagi, kita bisa menggunakan CD-RW, bukan CD-ROM. Bila kita menginginkan media penyimpanan yang lebih simpel, kita bisa menggunakan flashdisk atau memory card yang ukurannya lebih kecil dibanding harddisk. Namun, jika kita akan menyimpan dalam ukuran yang sangat besar, harddisk bisa menjadi pilihan dibandingkan dengan flashdisk. Karena kecepatan aksesnya yang sangat tinggi, magnetic disks adalah bentuk storage paling umum yang digunakan dalam computer modern saat ini.

·         Diagram how the components of a computer system fit together
Ø  Sebuah sistem computer mungkin memiliki input, output dan storage peripheral yang berbeda. Kuncinya adalah kompatibilitas.
-       Serial Port: menghubungkan device yang mengirim/menerima pesan satu bit dalam satuan waktu (modem).
-       Parallel Port: menghubungkan device yang mengirim/menerima bit dalam satu grup (tidak sendiri-sendiri/satuan). Contoh: printers.
-       Keyboard/mouse port: menghubungkan keyboard dan mouse ke computer.
-       Videoport: menghubungkan color monitor ke video board.
-       Microphones, speakers, headphones, MIDI ports: untuk menghubungkan sound equipments.
-       USB: 100x lebih cepat daripada PC serial port.
-       Firewire (IEEE 1394): bisa memindahkan data antar device dengan kecepatan 400MB/sekon.
-       Firewire 800: kecepatan 800MB/sekon. Diperkenalkan dalam sistem Macintosh.
Ø  Adanya jaringan-jaringan, menghilangkan segala batas antar computer yang satu dengan yang lainnya.
Ø  Komputer dalam sebuah jaringan dapat mengakses semua peripheral yang ada dalam sistem.
Ø  Efeknya, computer menjadi seperti bagian kecil dari sistem global sebuah jaringan interkoneksi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar