Rabu, 30 November 2011

My Notes on Introduction of Information and Technology: Learning Obejctives od Tomorrow’s Technology and You (2)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Tomorrow’s Technology and You.

            Apa itu? Ya, itu adalah salah satu buku yang mengupas tentang pengenalan ilmu teknologi dan informasi karangan Prentice-Hall. Buku ini popular digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa di berbagai universitas di dunia. Salah satunya mahasiswa kelas PTI-C (Pengenalan Informasi dan Teknologi-C; C di sini merupakan tingkat kesulitan materi) di ITB. Dalam blog-blog kategori “My Notes on Introduction of Information and Technology” ini, saya akan men-share isi dari buku ini dengan menjawab Learning Objectives dari setiap bab. J Check it out, hope it will be useful for those who is learning this kind of topic. J Sekarang kita masuk ke bab 4-6 J

Chapter 4. Software Basic: The Ghost In The Machine

·         Describe three fundamental categories of software and their relationship.
Ø  Compilers and other translator programs: digunakan oleh programmer untuk membuat software.
Ø  Software application: mengerjakan fungsi tertentu sesuai keperluan user.
Ø  System software: operasi hardware bisa dilakukan tanpa membuat pengguna kebingungan.

·         Explain the relationship of algorithms to software.
Algoritma digunakan dalam bahasa mesin yang berupa kode-kode numerik yang mewakili sebuah data. Kode ini nantinya akan diubah menjadi High-Level Language (peralihan antara bahasa mesin/computer dengan bahasa yang dimengerti manusia) dan kemudian akhirnya diubah menjadi natural language atau bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia.

·         Discuss the factors that make a computer application a useful tool.
Aplikasi-aplikasi computer membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang beragam sesuai dengan kebutuhannya. Dengan adanya aplikasi dalam sebuah computer, computer tidak hanya bisa dipakai untuk mengolah angka saja, tapi juga bisa mengolah huruf, gambar, suara, video, film, gambar 3 dimensi, dan sebagainya.

·         Describe the role of the operating system in a modern computer system.
Operating system memiliki fungsi untuk mendukung pengerjaan multitasking program, mengatur virtual memory, mengatur sistem file, bertanggung jawab terhadap autentikasi dan autorisasi.
·         Describe how file systems are organized.
File-file dalam sebuah sistem computer bisa tersebar berantakan, di mana ini akan mempersulit manajemen data. Salah satu solusinya adalah dengan mengatur data-data ini hingga beraturan dan logis. Dalam sistem computer, kebanyakan sudah didukung oleh sistem folder dengan nama: My Documents (untuk menyimpan dokumen-dokumen), My Pictures (menyimpan gambar-gambar), My Music (menyimpan file musik/mp3). Selain itu, terdapat juga fasilitas file management, seperti view, rename, copy, move, delete files and folders dan sebagainya. Kita juga bisa menyusun file-file kita sesuai tanggal pembuatan file, tipe file, ukuran, dsb. Operasi file juga bisa dilakukan dengan menu open, save as, save and close. Untuk mengecek adanya kerusakan atau ingin supaya jalannya program lebih cepat, bisa dilakukan defragmentation.

·         Outline the evolution of user interfaces from early machine language programming to futuristic virtual-reality interfaces.
·         Explain why unauthorized copying of software is against the law.
Pembuatan software adalah suatu pekerjaan yang sulit dan merupakan hasil dari aktivitas intelektual dalam seni, sains, dan industri. Dalam hukum, pekerjaan tersebut dilindungi dan dijaga haknya. Apabila kita membajaknya (illegal) berarti kita telah melanggar hukum dan intellectual property dari software itu sendiri. Selain itu, software sendiri mempunyai lisensi, dan dengan membajak kita juga telah menyebabkan kerugian hingga milyaran dolar.

Chapter 5. Productivity Application
·         Describe how word processing and desktop publishing software have revolutionized writing and publishing.
1.  Word processing membantu kita untuk mengedit teks dengan commands yang ada di layar tanpa harus mnengetik ulang tulisan kita. Software-software untuk outlining, spell checkers, dan online references juga menjadikan menulis dengan word processing application lebih mudah.
2.   Teknologi desktop publishing memudahkan kita dalam membuat suatu dokumen teks dan gambar (paper, majalah, buku) yang berkualitas dengan mudah. Teknologi ini membuat kita bisa bekerja dengan alat-alat canggih dan mudah untuk digunakan.

·         Discuss the potential impact of desktop publishing and Web publishing on the concept of freedom of the press.
Desktop publishing dan web publishing tentu memiliki dampak baik bagi kebebasan dan hak kita dalam media/pers. Yang pertama, teknologi ini memudahkan kita dalam membuat suatu publikasi media (seperti yang dijelaskan dalam poin sebelumnya), mampu mengurangi jumlah kesalahan-kesalahan dalam publikasi (karena aplikasi yang ada sudah beragam dan spesifik, ada yang khusus untuk majalah seperti Adobe Indesign, ada yang khusus untuk image-editing seperti photoshop dan corel draw; jadi tidak hanya menggunakan satu software saja atau word processing saja). Teknologi ini juga memberikan harapan baru pada setiap hak manusia untuk mem-publish karya mereka (karena mudah).

·         Speculate about future developments in word processing and digital publishing.
Ø  Kita bisa semakin mudah dalam mengolah kata dan membuat publikasi seperti buku, majalah, etc. Perangkat-perangkat seperti speech recognition semakin meluas sehingga kita membutuhkan waktu yang lebih singkat lagi untuk menulis. Akan muncul teknologi-teknologi baru sehingga computer kemudian bisa mengedit langsung apa yang kita tulis.
Ø  Semakin meluasnya digital publishing akan membuat semakin banyak orang mem-publish karyanya dengan mudah. Selain itu, kita juga semakin mudah mendapatkan informasi ataupun pengetahuan-pengetahuan dari buku/majalah dengan cepat. Hal ini dikarenakan, publishing tidak hanya dalam media cetak lagi, tapi sudah langsung dalam bentuk epaper/ebook yang bisa diakses melalui internet di dan dari mana saja di seluruh dunia.

·         Describe the basic functions and applications of spreadsheets and other types of statistical and simulation programs.
Ø  Spreadsheet terdiri dari:
-       Values, seperti angka dan tanggal
-       Labels, yang menjelaskan arti dari value itu sendiri
-       Formulas, dengan formulas kitabisa membuat instruksi menggunakan bahasa matematika. Contoh: (=B5+B6): artinya data di kolom B5 dijumlahkan dengan kolom B6; (=A6*A7): perkalian; (=D4/B5): pembagian; SUM: fungsi yang menyatakan jumlah dari baris/kolom tertentu sampai baris/kolom tertentu lainnya; AVERAGE: fungsi yang menyatakan rata-rata.
Ø  Spreadsheet menyediakan berbagai fitur otomatis seperti replikasi data.
Ø  Formula-formula di spreadsheet bisa berarti:
-       Relative, jadi ketika formulanya di-copy ke sel yang lain, dia akan berubah dengan sendirinya; menyesuaikan dengan sel dimana dia berada.
-       Absolute, walaupun di-copy ke tempat lain, fungsinya tidak pernah berubah.
Ø  Spreadsheet bisa digunakan untuk Automatic recalculation (setiap ada perubahan data, data-data yang lainnya akan berubah dengan sendiri; menyesuaikan dengan perubahan yang baru).

·         Explain how computers can be used to answer “What if?” questions.
Dengan Spreadsheets, pertanyaan seperti “What if I enter this value?” bisa dijawab. Yaitu ketika kita memasukkan perubahan data/angka/nilai pada sel,secara instan kita akan bisa langsung melihat hasil dari perubahan tersebut.  

·         Explain how computers are used as tools for simulating mechanical, biological, and social systems.
Komputer bisa membantu memvisualisasikan gambar, motion graphic yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang, atau tidak bisa kita lihat kalau tidak ada perhitungan matematis tertentu yang hanya bisa dilakukan dengan operasi di computer. Hasilnya, computer dengan fungsi simulasi ini bisa membantu kita untuk membuat suatu keputusan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar